2 Cara Keluar dari Program yang Not Responding di PC/Laptop

GADGETINOW | Masalah saat membuka program/aplikasi/software yang sering Not Responding tentu menjadi masalah yang sangat amat menjengkelkan. Apalagi jika kejadian itu terjadi berulang ulang. Pernahkah kalian mengalami hal ini?

Pengguna PC/Laptop tentu sering mengalami masalah yang satu ini saat membuka Software/Game tertentu. Banyak hal yang menyebabkan hal ini terjadi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini sampai selesai.

laptop not responding

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan suatu Software bisa terhenti secara tiba-tiba lalu freeze. Hal itu ditandai dengan muncul notifikasi "Program is not responding". Saat mengalami hal ini, kita smaa sekali tidak bisa melaukan apapun kecuali menutup Software tersebut.

Salah satu penyebab adalah memori RAM yang penuh. RAM atau singkatan dari Random Access Memory berguna untuk menjalankan semua Software di PC/Laptop kita. Jika RAM sudah penuh tentu kita tidak bisa lagi menjalankan Software dan jika dipaksa maka akan terjadi program yang freeze.

Saat mengalami hal ini sebaiknya kalian jangan panik. Ada beberapa cara untuk mengatasi Software yang Not Responding. Inilah dia 2 cara untuk mengatasinya.

Mengatasi Program PC/Laptop yang Not Responding dan Freeze


Cara yang pertama adalah menggunakan Task Manager. Sedangkan cara yang kedua kita bisa membuat perintah khusus dengan menekan shortcut saat mengalami Software yang Not Responding.

Menggunakan Task Manager


Sesuai namanya, Task Manager adalah program bawaan Windows dimana semua tugas yang ada di PC/Laptop kita di tampilkan secara urut dan runtut. Kita juga bisa menutup program lewat Task Manager.

Caranya, dengan menekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+ESC dan Task Manager otomatis terbuka. Atau dengan cara mengklik kanan di taskbar lalu pilih opsi Task Manager.

Setelah Task Manager terbuka, klik program yang ingin kalian hentikan lalu klik End Task dan program tersebut akan tertutup dengan cepat.


Menggunakan Perintah Shortcut


Yang kedua ini caranya lumayan rumit. Yaitu dengan membuat suatu perintah tersendiri untuk membuat program yang Not Responding bisa langsung tertutup hanya dengan menekan kombinasi tombol saja. Berikut caranya.

#Langkah 1
Pertama, buat shortcut baru di desktop kalian dengan cara klik kanan lalu pilih New>Shortcut. Isikan perintah di bawah ini lalu klik OK.

taskkill.exe /f /fi “status eq not responding



#Langkah 2
Setelah Shortcut dibuat, kemudian klik kanan pada Shortcut tersebut lalu pilih Properties.


#Langkah 3
Pada Properties, masuk ke opsi Shortcut Key. Lalu tekan tombol terserah kalian.


Untuk menggunakannya, kalian cukup menekan kombinasi tombol yang telah kalian buat pada pengaturan Short Key tadi dan Program akan otomatis menutup ketika kalian menekan tombol itu.

Cukup mudah bukan utuk mengatasi dan menutup Program/Software/Aplikasi yang Not Responding di PC/Laptop? Sekian artikel cara keluar dari program yang freeze di Windows. Semoga bermanfaat.
Naufal R
Naufal R Seorang pelajar yang tertarik dengan dunia teknologi dan juga hobi menulis.

No comments for "2 Cara Keluar dari Program yang Not Responding di PC/Laptop"