Cara Menambahkan Font Pada Photoshop di PC/Laptop

Cara Menambah Font Photoshop | Photoshop merupakan software editing foto yang dikembangkan oleh Adobe. Software ini banyak digunakan untuk mengedit foto dari editing ringan hingga editing proffesional.

Memiliki antarmuka khas Adobe dimana antarmukanya mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Tak heran Photoshop menjadi salah satu software editing foto terbaik yang paling banyak digunakan saat ini.

Hampir semua editor foto menggunakan Photoshop sebagai software editing foto andalan mereka. Mereka menilai Photoshop adalah software editing foto terlengkap.

Semua teknik editing foto bisa diaplikasikan menggunakan software editing yang satu ini. Dari awal kemunculannya, Photoshop sudah melalaui beberapa pengembangan hingga versi terakhir saat ini yaitu (Photoshop CC 2019).

Cara Menambahkan Font Pada Photoshop di PC/Laptop

Ada banyak sekali teknik editing yang bisa kita lakukan menggunakan Photoshop ini. Dari mulai teknik dasar seperti crop foto, menambahkan shape, mengubah background foto, dll.

Atau teknik editing foto sulit seperti membuat glitch, ilustrasi dan lain sebagainya bisa kita lakukan menggunakan Photoshop.

Adapun beberapa tools yang ada di Photoshop yang bisa kita manfaatkan untuk mengedit foto diantaranya Rectangular Marquee Tool, Move Tool, Lasso Tool, Quick Selection Tool, Crop Tool, Eyedropper Tool, Helaing Brush Tool, Clone Stamp Tool, Magic Erase Tool, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kelengkapan tool inilah yang membuat Photoshop menjadi primadona di mata editor fotografi.

Berbicara mengenai tool pada photoshop, di Photoshop kita juga bisa menambahkan font seperti halnya aplikasi/software editing foto lainnya. Kita bisa menambahkan font semau kita.

Font yang ada di Photoshop pada dasarnya merupakan font yang ada di PC/Laptop kita. Jika kalian bosan dan ingin menambahkan font yang keren pada Photoshop, kalian bisa mengikuti tutorial cara menambahkan font pada Photoshop di bawah ini.

Cara Menambahkan Font di Adobe Photoshop

Pasti kalian bosan dan kurang sreg apabila melihat pilihan font yang ada di Horizontal Type Tool pada Photoshop. Tool tersebut memungkinkan pengguna bisa memasukkan kata/tulisan pada gambar editannya.

Font yang ada pada tool tersebut adalah font yang ada di PC/Laptop kita. Jika kalian kurang suka dengan model font bawaan PC/Laptop tentu kalian bisa menambahkannya sendiri seperti pada tutorial (Cara menambahkan font di Picsay) sebelumnya.

Tanpa basa-basi lagi ini dia cara menambahkan font pada Adobe Photoshop.

1. Pertama cari font yang ingin kalian masukkan ke Photoshop terlebih dahulu. Kalian bisa mencari font dari internet dengan membua website font sepertu (Dafont, 1001font, dan lain lain). Setelah ketemu, download atau unduh font tersebut.


2. Karena font yang kalian unduh masih dalam bentuk Zip/Rar, maka ekstrak dahulu menggunakan software (disini saya menggunakan WinRar).


3. Setelah berhasil di ekstrak, kalian akan menemukan beberapa file. Pilih file dengan format (ttf) kemudian copy file tersebut.


4. Masuk ke Disk /c: lalu buka folder Windows.


5. Cari folder dengan nama Fonts lalu buka folder tersebut.


6. Kemudian pastken file dengan format (ttf) tadi yang telah di copy pastekan kedalam folder Fonts. Dan tunggu proses install font selesai. Semakin banyak font maka akan semakin lama proses installnya.


7. Terakhir, buka Adobe Photoshop di PC/Laptop kalian dan lihat fonts sudah bisa digunakan.



Menambahkan font pada Adobe Photoshop sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengcopy font dan mempastkennya di folder Fonts yang ada di disk c.

Dengan begini kita bisa berkreasi dengan menambahkan font-font keren dan menarik untuk mempercantik hasil editan foto kita.

Sekian artikel tentang Cara Menambahkan Font Pada Photoshop di PC/Laptop. Semoga bermanfaat.
Naufal R
Naufal R Seorang pelajar yang tertarik dengan dunia teknologi dan juga hobi menulis.

No comments for "Cara Menambahkan Font Pada Photoshop di PC/Laptop"