Apa Itu IP Adress? Pengertian dan Penjelasan Tentang IP Adress

GADGETINOW | Para pengguna komputer/PC, smartphone maupun tablet yang menggunakan jaringan internet pasti tidak asing dengan istilah IP Adress. Apa yang dimaksud dengan IP Adress? Apa fungsinya? Pasti dari kalian masih banyak yang belum mengerti tentang pengertian IP Adress dan fungsinya pada sebuah jaringan di komputer/PC ataupun smartphone kalian. Untuk itu, saya akan membahasnya pada artikel kali ini.

Pengertian dan Penjelasan IP Adress Lengkap


Apa Itu IP Adress?


IP Adress atau dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama "Alamat IP" adalah angka yang disusun sebagai alamat/identitas suatu komputer/PC/Smartphone yang menggunakan jaringan.

IP Adress tersusun dalam bilangan deretan biner yang terbagi antara 32 bit hingga 128 bit. IP Adress dalam ilmu jaringan komputer, penggunaan angka 32 bit dipakai pada IP Address khusus IPv4 sedangkan untuk angka 128 bit untuk versi IPv6.

Apa perbedaan dari IPv4 dan IPv6? Karena perangkat yang menggunakan jaringan semakin lama semakin banyak, IPv6 dibuat untuk memenuhi kebutuhan IP tersebut. Semakin tinggi versi IP pada jaringan, semakin cepat juga jaringan internetnya.

Fungsi Dari IP Adress


Setelah kalian sudah memami apa itu IP Adress, kini kita akan membahas fungsi dari IP Adress. Berikut adalah beberapa fungsi penting dari IP Adress yang perlu kalian ketahui.

1. Sebagai alat identifikasi host


Yang pertama, IP Adress berperan penting dalam identifikasi sebuah jaringan yang digunakan. Sama halnya sperti mencari nama seseorang, IP Adress juga digunakan sebagai mengenali sebuah komputer/PC, Smartphone, maupun tablet lewat jaringan yang digunakan.

2. Sebagai alamat lokasi jaringan


Yang kedua, IP Adress digunakan sebagai alamat. Sama halnya mencari alamat seseorang, IP Adress juga bisa digunakan untuk mencari keberadaan atau lokasi. Contoh penerapannya seperti misal kalian menggunakan GPS untuk menentukan sebuah lokasi atau alamat seseorang.

Pembagian Kelas IP Adress


IP Adress sendiri dikelompokkan menjadi 5 kelas yang berbeda dari kelas A, B, C, D, dan kelas E. Apa perbedaan dari tiap kelas tersebut? perbedaannya yaitu terletak pada jumlah IP Adress.

Pembagian kelas IP Adress

Berikut adalah pembagian tiap kelas pada IP Adress:

  1. Kelas A: Digunakan untuk jaringan yang kecil atau sedikit dengan host yang sangat banyak.
  2. Kleas B: Digunakan untuk jaringan sedang hingga jaringan besar yang dapat menampung hingga 65000 host.
  3. Kelas C: Digunakan untuk jaringan skala besar. IP kelas ini dapat dibentuk hingga 2 juta network.
  4. Kelas D: Digunakan untuk Multicasting.
  5. Kelas E. Digunakan untuk keperluan eksperimental

Itu dia pengertian, fungsi, dan pembagian kelas serta penjelasan lengkap tentang IP Adress pada jaringan. Semoga bermanfaat.
Naufal R
Naufal R Seorang pelajar yang tertarik dengan dunia teknologi dan juga hobi menulis.

No comments for "Apa Itu IP Adress? Pengertian dan Penjelasan Tentang IP Adress"